Berapa Panjang Kata untuk Membuat Konten di Blog?

membuat konten

Membuat konten untuk blog memang diperlukan dan konten yang menjadi peran penting blog itu tetap berjalan terus atau update dengan artikel-artikel terbaru. Nah, dibalik pembuatan konten ini tidak terlepas dengan panjang kata yang ada di dalamnya.

Berapa sih panjang kata yang harus saya tulis untuk konten artikel di blog?

Menarik untuk dibahas juga, ada yang mengatakan posting artikel 300 kata udah cukup, yang lain menganjurkan dengan panjang 500 kata, yang lain lagi memberikan saran agar membuat sebuah konten dengan panjang 700 kata dan bahkan ada yang mengatakan dengan panjang 1500 kata akan menjadi lebih baik.

Mungkin Anda yang baru menulis di blog masih bingung, berapa panjang kata yang harus pakai? 300 kata? 500 kata? 700 kata? atau 1500 kata?

Nah, inilah yang akan saya coba sampaikan untuk Anda berkenaan membuat konten dengan jumlah kata yang ditulis. Beberapa saya ambil dari beberapa sumber dari para blogger yang sudah lama berkecimpung di dunia pemasaran konten (content marketing)

Menurut Neil Patel seorang content marketer yang handal berbagi informasi mengenai panjangnya sebuah artikel yang baik untuk SEO (Search Engine Optimization) seperti yang dilansir di Quick Sprout. Dia mengatakan bahwa konten itu sangat penting ketika datang ke peringkat pencarian, jadi jika Anda akan memangfaatkan pemasaran konten, Anda sebaiknya melakukannya dengan benar.

Neil mengatakan bahawasanya ini bukan semua tentang panjang. Ketika Anda datang ke konten web, pnajang hanya salah satu faktir yang perlu dipertimbangkan. Anda harus mempertimbankan sejumlah masalah lainnya. Memperhitungkan bagaimana semua faktor ini lainnya yang mempengaruhi panjang posting Anda.

Anda pertimbangkan faktor-faktor di bawah ini:
  • Substansi - sebagai pertimbangan dasar. Apa yang akan dikatakan? Apa subsatnsinya? Jika Anda dapat mengtakan sebanyak 100 kata, maka lakukanlah. JIka itu memerlukan samapai 2000 kata, itu akan lebih baik juga
  • Gaya - gaya penulisan ada yang pendek, singkat dan langsung ke intinya. Ternyata gaya akan lebih banyak bicara dan interaktif. Inilah yang akan memperngaruhi panjang konten Anda.
  • Frekuesnsi - berapa sering anda memposting akan mempengaruhi berapa lama posting anda berada. apakah memposting seminggu sekali atau setiap hari. Konten yang bagus membutuhkan waktu.
  • Format - gunakan format penulisan seperti subheading, gambar yang meanrik, dan paragraf pendek. Penting untuk memecah konten menjadi potongan-ptongan yang membuat orang bisa memindainya.
  • Tujuan - merencanakan pemasaran konente nyang baik memiliki sebuah tujuan, sebenarnya banyak tujuan. Memiliki TUjuan utama dan tujuan lainnya.
  • Pengunjung - Anda harus mengetahui apa yang menjadi kebutuhan mereka, ketertarikan mereka, gairah merake dan masalah mereka. Jadi tujuan Anda adalah membuat konten untuk pengunjung akan dibaca.
  • Media - Anda bisa menggunakan video, meme atau infografik untuk konten ANda, bukan hanya konten adalah kata-kata. 
Apabila saya ambil kesimpulan dari pernyataan dari Neil Patel bahwasanya semakin pangjan konten akan semakin baik untuk SEO.

Orbit Media Studios memberikan panduan panjang ideal untuk segala sesuatu dalam pemasaran nda ke dalam beberapa kriteria seperti di bawah ini:

  • Posting Blog (untuk peringkat) - 1500 kata
  • Baris subjek email (untuk tingkat terbuka) - 50 karakter atau kurang
  • Baris teks - 12 kata
  • Paragraf - 4 baris atau kurang
  • Video YouTube (untuk tampilan) - 3 sampai 3,5 menit
  • Podcast - 22 menit
  • Judul Tag - 55 karakter
  • Meta Description - 155 karakter (maksimum)
  • Facebook Post (untuk suka & berbagi) - 100-140 karakter
  • Tweet (untuk retweet) - 120-130 karakter
  • Nama Domain - 8 karakter atau kurang

Dari data di atas membuat konten di blog dan sangat bagus untuk menaikkan peringkat di pencarian dengan panjang ideal posting blog sebanyak 1500 kata.

Jika Anda berkunjung ke situs The Write Practice, membuat daftar panjang ideal setiap posting blog dan kegunaannya. Sehingga berapa pun panjang kata yang Anda akan gunakan di blog Anda tetap bermanfaat.

Berikut ini daftarnya:
  • 75-300 kata. Posting super pendek terbaik untuk diskusi. Untuk panjang kata di poin ini jarang sekali dibagikan di medisa sosial, dan ini tidak bagus untuk SEO, tetapi jika Anda ingin mendapatkan banyak komentar, tulislah posting pendek!
  • 300-600 kata. Ini merupakan panjang standar untuk blogging, yang direkomendasikan oleh banyak blogger yang ahli. Bagus juga untuk dibagikan di sosial dan komentar tetapi untuk mendapatkan banyak otoritas atau disukai oleh mesin pencari terlalu pendek.
  • 750 kata. Panjang kata ini cocok untuk jurnalisme profesional terutama surat kabar. Ini cukup baik untuk mendaptkan link dari blogger lain dan dibagikan di media sosial.
  • 1000-1500 kata. Dengan panjang kata ini akan lebih banyak dibagikan di media sosial meskipun sedikit yang berkomentar, ini bisa dijadikan sebagai posting yang benar-benar memecahkan masalah seseorang. 
  • 2450 kata. Artikel yang mendapatkan peringakat di Google paling sering dengan panjang 2450 kata. Jika Anda ingin peringkat baik di mata mesin pencari (dan demikian mendapatkan ribuan pembaca baru tiap bulan), ini panjang terbaik untuk menulis di blog. Namun, memastikan Anda menulis sebuah topik yang orang-orang benar melakukan pencarian.

Popular posts from this blog

Apa itu Parfum Laundry

Keuntungan Menggunakan Plafon Gypsum untuk Bangunan atau Rumah

Dengan Ngeblog Bisa Menghasilkan Uang, Apakah Saya Bisa?